Cara mencegah penyakit jantung

Bagaiamana cara mencegah penyakit jantung ? mencegah penyakit jantung, sebenarnya berkaitan dengan menjaga kadar kolestrol dalam tubuh. Lebih spesifik lagi, menjaga kadar LDL.  Seperti kita tahu, kolestrol menjadi dua, yakni kolestrol “baik” (High-density lippoprotein  -HDL) dan kolestrol “jahat” (low-density lip-poprotein-LDL). Masyarakat pun juga mafhum, jika ingin mencegah penyakit jantung maka harus selalu meningkatkan HDL dan menurunkan LDL.  Benarkah selalu begitu ?

Penjelasannya sebenarnya terkait dengan darah dan pembuluhnya. Kolestrol dibawa melalui darah dengan perantaraan protein. LDL berfungsi untuk membawa kolestrol ke seluruh tubuh, tapi dia juga dapat mengakibatkan kolestrol itu menumpuk di sepanjang dinding pembuluh darah arteri. Padahal jika itu berlansung terus, pembuluh darah akan mengeras dan menyempit. Suplai darah akan terhambat, jantung bekerja lebih kerasm hingga akhirnya akan muncul berbagai gangguan penyakit jantung. Sementara HDL melakukan tugas mulia. Ia mengambil kelebihan  kolestrol dalam darah dan membawanya kembali ke hati untuk selanjutnya dikeluarkan dari tubuh. Artinya semakin tinggi HDL, maka semakin banyak kolestrol yang bisa diangkut dari darah dan tidak sekedar menumpuk. Kabarnya, kenaikan HDL 1% saja sudah dapat menurunkan resiko penyakit jantung sebesar 2%.

Kadar LDL ini bisa saja diturunkan dengan minum sejumlah obat dan terapi medis. Namun buat apa melakukan  itu jika masih banyak alternatif lain untuk mencegah penyakit jantung yang lebih aman dan bersifat preventif.  Salh satunya adalah mengonsumsi oatmeal. Bubur gandum yang juga sering disebut Havermut ini memang masih asing bagi sebagian besar orang indonesia yang sudah terbiasa makan dengan nasi.

 

 

Semoga bermanfaat….

Pastibisapercayalah…….. “Cara mencegah penyakit jantung”

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: